4 Masalah yang biasa muncul pada persendian

Sendi merupakan salah satu bagian penting dalam sistem gerak manusia. Berikut masalah yang sering muncul pada bagian persendian :
 

1. Osteoartritis adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Osteoartritis terdiri atas osteoartritis primer yang dikenal juga sebagai artritis degeneratif atau penyakit degeneratif sendi, dan Osteoartritis sekunder yang disebabkan oleh trauma tropisme atau cedera.

Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut dengan nama kartilago biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

Pada kondisi kekurangan cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain. Gesekan tersebut akan membuat lapisan tersebut semakin tipis dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri.

Penyakit ini lebih sering menyerang orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Lutut, Leher, sikut, dan pergelangan kaki adalah bagian tubuh yang paling sering terserang penyakit ini.

2. Rematik merupakan keadaan progresif yang dimulai dengan rasa sakit dan kaku pada persendian. Lama-kelamaan, rasa sakit meningkat dan sendi menjadi bengkak, sementara benjolan-benjolan kecil muncul di bawah kulit. Rematik dapat merusak tulang. Oleh karena itu, penanganan dini sangat penting.

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tapi bisa diperlambat dengan obat antirematik. Obat-obatan tersebut bisa memiliki efek samping yang serius. Oleh karena itu, penderita harus dimonitor melalui tes darah secara teratur dan lakukan olahraga ringan.

3. Gout atau Asam urat merupakan salah satu peradangan yang disebabkan karena kandungan asam urat di dalam darah sangat tinggi sehingga membuat kristal asam urat mengalami penumpukan di dalam rongga sendi.

4. Rheumatoid Arthritis adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan kapsul sendi, membran tangguh yang membungkus semua bagian sendi. Lapisan ini dikenal sebagai membran sinovial, menjadi meradang dan bengkak. Proses penyakit akhirnya dapat merusak tulang rawan dan tulang di dalam sendi. Memang belum jelas apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyebabkan radang sendi ini, meskipun sudah diketahui beberap faktor risiko seperti jenis kelamin wanita, riwayat keluarga dengan rheumatoid arthritis, dan merokok.

 

Sumber : sendipedia.com

Top