6 Faktor Risiko Osteoarthritis

Tulang rawan sendi merupakan jaringan ikat yang terdapat pada ujung tulang dan berfungsi untuk melumasi sendi agar tulang tidak saling bergesekan. Osteoarthritis merupakan salah satu penyakit sendi yang menyerang secara perlahan dalam waktu yang panjang. Nah Osteoarthritis ini menyerang tulang rawan sendi, sehingga sendi menjadi tipis dan menyebabkan tulang saling bergesekan yang menyebabkan rasa nyeri dan inflamasi/bengkak.

Penyebab osteoarhtiris sendiri banyak disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini, berikut beberapa faktor penyebab osteoarthritis :

1. Usia.
Semakin usia meningkat, maka risiko osteoarthritis pun akan meningkat, terutama bagi yang usianya sudah melawati 45 tahun.

2. Jenis kelamin.
Wanita lebih berisiko terkena Osteoarthritis dibandingkan oleh pria.

3. Cedera pada sendi. 
Jika sudah pernah mengalami cedera atau operasi sendi, lebih berisiko terkena osteoarthritis.

4. Obesitas.
Berat badan berlebih atau obesitas dapat memaksa kerja sendi karena sendi harus menahan berat tubuh, hal ini lah yang juga menjadi risiko terkena osteoarthritis.

5. Faktor keturunan.
Salah satu risiko osteoarthritis juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan.

6. Memiliki penyakit arthritis lainnya seperti asam urat atau rhematoid arthritis.

Nah jika Anda sudah termasuk di salah satu faktor tersebut, sudah waktunya Anda menjaga kesehatan persendian Anda sejak dini agar sendi tetap sehat dan dapat terus bergerak bebas.

Top