Apa itu Osteoarthritis?

Osteoporosis, kita sering mendengar kata ini yakni kondisi pengeroposan pada tulang. Tapi ada juga istilah Osteoarthritis. Apa itu Osteoarthritis?
Osteoarthritis adalah kondisi terjadinya pengapuran pada bagian persendian, sehingga menyebabkan infeksi dan rasa nyeri pada persendian. Biasanya Osteoarthritis terjadi di sendi-sendi besar seperti siku, lutut, bahu, dan lain-lain.

Gejala yang biasa dirasakan ketika terkena Osteoarthritis adalah sulit berjalan, cepat lelah, kesulitan jongkok, gampang jatuh, dan timbul rasa nyeri yang bisa membatasi ruang gerak Anda. Secara fisik, orang yang terkena Osteoarthritis juga akan terlihat dari luar seperti jalan menjadi pincang, sendi membengkak, bahkan bentuk kaki menjadi O atau X. Biasanya, keluhan Osteoarthritis sering menyerang wanita, terutama pada saat menopause, yakni dimana tulang sudah menjadi rapuh.

Osteoarthritis dapat disembuhkan dengan berbagai cara, tergantung dari tingkat kerusakan pada sendi itu sendiri. Pada skala ringan, penderita cukup menjaga persendian dengan minum suplemen, istirahat, dan mengubah pola hidup. Sedangkan pada tingkat menengah dan berat harus di bantu dengan suplemen, suntik pada dengkul, hingga harus dilakukan operasi.

Oleh karena itu Anda harus menjaga kesehatan persendian sedini mungkin agar Anda dapat terus bergerak bebas.

Top