6 Gejala Radang Sendi Lutut Atau Osteoarthritis yang Perlu Anda Ketahui

Radang sendi, Pengapuran sendi, atau Osteoarthritis adalah salah satu penyakit sendi yang paling umum dijumpai. Osteoarthritis (OA) adalah keadaan dimana bantalan antara tulang rawan dan bantalan sendi menjadi menipis sehingga menyebabkan radang dan nyeri pada persendian. Biasanya kondisi ini dapat dialami selama bertahun-tahun atau bisa juga lebih cepat karena cidera, pata tulang, atau infeksi. Osteoarthritis sendiri biasa menyerang setelah usia 45 tahun keatas, tapi anak muda pun bisa terkena Osteoarthritis. Berikut gejala yang sering dialami bila terkena Osteoarthritis :

1. Rasa nyeri yang timbul dan hilang
Rasa nyeri pada persendian yang timbul dan hilang secara tiba-tiba ini sering dialami oleh penderita Osteoarthritis. Biasanya rasa timbul dan hilang ini dialami saat pagi hari, setelah melakukan aktivitas, naik tangga, berdiri dari posisi duduk, berlutut, atau bahkan duduk.

2. Peradangan
Osteoarthritis biasanya menimbulkan peradangan secara berkala. Gejala yang dirasakan ketika terjadi peradangan adalah kulit terlihat kemerahan dan terasa hangat ketika disentuh.

3. Lutut terasa kaku
Ketika terjadi Osteoarthritis, otot akan semakin lemah dan menyebabkan struktur sendi menjadi tidak stabil. Lama-kelamaan sendi akan menempel, mengunci sehingga sendi tidak dapat digerakan.

4. Terdengar bunyi "krek" saat sendi digerakan
Gejala ini terjadi karena hasil benturan dan gesekan pada tonjolan tulang rawan karena kondisi sendi yang menipis.

5. Keterbatasan Gerak
Semakin lama mengalami Osteoarthritis maka akan membuat pergerakan Anda semakin sulit. Jika peradangan semakin parah, sendi akan sangat sulit digerakan, sehingga bisa menghambat pergerakan sehari-hari.

6. Kelainan bentuk lutut
Semakin berat penyakit Osteoarthritis, maka akan muncul gejala fisik yang dialami seperti perubahan bentuk sendi. Jika Osteoarthritis terjadi dilutut, maka bentuk kaki biasanya akan berubah bentuk menjadi huruf "O" atau "X".

Top