Waspadai Osteoarthritis yang Menyerang Sendi

Penyakit tulang atau persendian sering kali di alami oleh orang lanjut usia, salah satunya adalah Osteoarthritis. Penyakit yang menyerang persendian ini biasa dialami ole orang yang berusia 45 tahun keatas. Sendi yang sering mengalami Osteoarthritis adalah sendi lutut dan panggul, karena bagian sendi tersebut memiliki peran besar dalam menahan berat tubuh. Tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk Osteoarthritis menyerang sendi lainnya.

Banyak hal yang dapat menyebabkan Osteoarthritis. Selain faktor usia, Osteoarthritis juga bisa terjadi karena cedera atau infeksi pada sendi. Ada juga faktor lainnya seperti faktor keturunan, pekerjaan fisik yang berlebihan, gaya hidup jarang berolahraga, dan jarang melakukan aktivitas fisik.

Biasanya gejala Osteoarthritis berkembang secara perlahan seiring dengan waktu. Tingkat keparahannya pun berbeda setiap individunya, tergantung dari lokasi sendi yang terkena Osteoarthritis. Umumnya rasa nyeri muncul pada saat sendi tidak digerakan selama beberapa waktu, seperti saat bangun pagi.

Selain menganggu aktivitas Anda sehari-hari, Osteoarthritis juga membuat tulang rawan sendi Anda menjadi rusak secara perlahan yang menyebakan tulang saling bergesekan dan menyebabkan nyeri, inflamasi, dan kaku saat digerakan.

Top