11 Cara Mencegah Osteoarthritis Secara Alami Paling Ampuh

Mencegah lebih baik daripada mengobati, hal ini juga erat kaitan nya dengan kesehatan persendian. Osteoarthritis merupkan salah satu penyakit sendi yang umum dialami oleh orang. Gangguan sendi ini bersifat jangka panjang dan terjadi secara perlaha-lahan, gejalanya adalah rasa nyeri pada persendian, bengkak di daerah sendi, dan kaku saat digerakan. Hal ini terjadi karena ujung tulang rawan sendi menjadi tipis yang menyebabkan tulang saling bertabrakan dan menimbulkan rasa nyeri dan kaku. Untuk mencegah hal tersebut ada beberapa tips yang bisa dilakukan :

1. Pola Makan
Memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat merupakan salah satu cara yang mudah untuk menjaga kesehatan persendian. Makan buah, sayur dan juga mengurangi konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti makanan olahan bisa menjadi bisa menjadi alternatif untuk menajga kesehatan persendian.

2. Diet Sehat
Menjaga kondisi berat badan tubuh juga bisa membantu kesehatan persendian. Kelebihan berat badan bisa memperberat kerja sendi, sehingga menjadi pemicu risiko Osteoarthritis.

3. Olahraga Ringan
Melakukan olahraga ringan merupakan hal yang baik dilakukan, terutama untuk orang yang berusia 40 tahun keatas. Selain mnyehatkan, olahraga ringan juga mengurnagi risiko cedera pada persendian.

4. Mengkonsumsi Suplemen
Untuk menjaga dan merawat kesehatan persendian, mengkonsumi suplemen bisa jadi pilihan yang baik. Dengan mengkonsumsi suplemen dapat membantu memenuhi kebutuhan harian Anda. Suplemen sendi yang baik biasanya mengandung Glukosamin, Kondroitin, dan MSM

5. Minum Susu Sapi
Minum susu dapat membantu memperkuat persendian dan tulang. Selain itu susu juga bergizi dan baik untuk kesehatan tubuh.

6. Tidak Mandi Malam
Biasakan mandi tak lebih dari pukul 6 sore, karena air di kondisi malam lebih banyak mengandung karbon dioksida dibandingkan dengan oksigen. 

7. Tidak Duduk Di Bawah Pohon Malam Hari
Jangan membiasakan diri untuk tutuk dibawah pohon saat malam hari karena pada malam hari suhu dan kelemababan lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan tulang dan sendi.

8. Hindari Aktivitas Berbahaya
Hindari aktivitas berbahaya yang bisa menyebabkan cedera pada sendi. Cedera pada persendian dapat meningkatkan risiko Osteoarthritis di kemudian hari.

9. Pemijatan Yang Benar
Agar Sendi tetap sehat, hindari pemijatan tradisioal yang tidak tepat. Pemijatan yang salah justru dapat memperparah kondisi persendian.

10. Minuman Tradisional Khusus Untuk Kesehatan Persendian
Untuk menjaga kesehatan persendian bisa dibantu dengan cara alami, yakni konsumsi makanan yang mengandung anti-inflmasi dan menyehatkan persendian, seperti minuman jahe, teh hijau, makan pisang, nanas, dan lain-lain.

11. Bawang Putih
Biasakan mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah nyeri sendi, karena bawang putih memiliki zat anti inflamasi yang tinggi. Gunakan bawang putih pada masakan harian agar sendi tetap sehat.

Top