Kristal Asam Urat, Si Cantik Sumber Derita

Osteokom obat nyeri sendi dengan glukosamin, kondroitin, dan MSM untuk menjaga kesehatan persendian

Melihat gambar di atas rasanya tidak percaya itu adalah sumber penderitaan bagi mereka yang memilikinya di dalam tubuh. Penampakan memang bisa berbeda dengan kenyataan. Tapi memang bisa dibayangkan, bila kristal seperti ini singgah dan menetap di salah satu sendi jari kita, membentuk benjolan kecil di sana, bukannya cantik tapi malah bikin nyeri tingkat dewa. Mau coba? Lebih baik jangan deh, sudah banyak korban dan testimoninya luar biasa lho, lebih baik sakit hati katanya! :D

Tahu tidak itu terbentuk dari apa? Dari makanan steak, emping, udang, lobster, dan jeroan yang kamu makan serta kamu bilang enak banget itu lho. Kalau kamu makannya terlalu banyak dan tidak ada jadwalnya lama-lama bisa jadi juragan kristal urat. Yakin kamu mau mengalami hal seperti itu? Engga kan. Nah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung dan jamur juga bisa lho. Intinya semua makanan yang banyak purin dimetabolisme oleh badan hasil akhirnya ya si asam urat itu. Nah asam urat ini bisa mengkristal dan menjadi kristal asam urat yang kalau sudah berkumpul di satu lokasi akan membentuk benjolan yang disebut tofus. Biasanya ada di persendian. Kadang bisa parkir di belokan daun telinga juga. Coba ya kamu raba-raba telinga kamu, kalau ketemu buruan deh periksa asam urat!

Dengar-dengar asam urat itu penyakit kakek-nenek, kata siapa? Anak muda juga bisa asam urat tinggi dalam darah dan juga ada faktor keturunan. Makanya kalau seumur-umur belum pernah periksa, lebih baik periksa deh! Sebelum kena komplikasi. Bukannya menakut-nakuti ya, asam urat itu penyakit serius. Selain bikin sakit luar biasa, sendi-sendi bisa bengkak, tofusnya juga membuat efek jelek. Kalau tidak ditindak serius dengan menurunkan asam urat darah atau kadang melalui operasi, tulang bisa berubah bentuk permanen. Jari-jari tangan dan kaki bisa seperti kencur atau jahe, kamu mau? Pastinya tidak kan!

Belum lagi sebuah jurnal berjudul “Regulation of uric acid metabolism and excretion” menyatakan bahwa tingginya asam urat dalam darah ada kaitannya dengan penyakit lain seperti gangguan jantung, peradangan pembuluh darah, aterosklerosis (penebalan dinding dan kekakuan pembuluh darah karena tumpukan plak), hipertensi dan gangguan ginjal. Ngeri kan?

Jadi kesimpulannya bila memang asam urat di atas normal, artinya harus ada tindak lanjut. Batas asam urat dalam darah perempuan dan laki-laki berbeda juga lho. Perempuan < 5,5mg/DL dan laki-laki < 7mg/DL. Langkah pertama tanya dokter, apakah harus langsung minum obat atau diet sehat terlebih dahulu. Biasanya kalau belum terlalu tinggi dan tidak ada keluhan, dokter akan menyarankan untuk menjaga makan. Banyak minum air putih dan hindari makanan tinggi purin seperti daging merah, jeroan, makanan laut, sayuran hijau tua dan kacang-kacangan. Bila tidak berhasil, pada kunjungan selanjutnya mungkin akan diberikan resep obat. Namun jangan khawatir, dengan menjaga makanan dan dibantu obat biasanya asam urat akan berangsur turun. Setelah mencapai kadar normal, jangan lupa terus kontrol ke dokter untuk mempertahankan kadar asam urat normal. Jangan tunggu sakit lagi baru ke dokter. Kalau disiplin menerapkan pola makan sehat, kemungkinan stop obat masih ada. Sekali-sekali makan enak boleh saja asal tahu batasnya ya! :D

Mau tahu tidak sedikit tips untuk makan enak tapi aman bagi penderita asam urat tinggi dalam darah? Simak dibawah ini ya:
Di dalam satu porsi makanan jangan ada dua jenis makanan yang tinggi purin. Pilih satu saja dan makan secukupnya. Mau makan yang lain, tunggu besok ya!

Contoh: makan nasi dengan empal sepotong, tanpa ada tahu dan tempe lagi ya! Tambah sedikit labu siam masak rawit juga boleh. Tetap asik kan? Sehabis makan tutup dengan sepotong buah papaya ya. Perut jadi kenyang dan hari jadi lebih berwarna.

Ingat yang terpenting itu sehat dan bahagia. Jauh-jauh dari si cantik yang bawa derita.

Top